Lowongan Kerja PT kereta Api Indonesia September 2015 Untuk Lulusan SMA
PT kereta Api Indonesia |
Sekilas tentang PT kereta Api indonesia
Kehadiran kereta api di Indonesia ditandai dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan KA di desa Kemijen, Jum'at tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari Sabtu, 10 Agustus 1867.
Keberhasilan swasta, NV. NISM membangun jalan KA antara Kemijen - Tanggung, yang kemudian pada tanggal 10 Februari 1870 dapat menghubungkan kota Semarang - Surakarta (110 Km), akhirnya mendorong minat investor untuk membangun jalan KA di daerah lainnya. Tidak mengherankan, kalau pertumbuhan panjang jalan rel antara 1864 - 1900 tumbuh de-ngan pesat. Kalau tahun 1867 baru 25 Km, tahun 1870 menjadi 110 Km, tahun 1880 mencapai 405 Km, tahun 1890 menjadi 1.427 Km dan pada tahun 1900 menjadi 3.338 Km.
Selain di Jawa, pembangunan jalan KA juga dilakukan di Aceh (1874), Sumatera Utara (1886), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), bahkan tahun 1922 di Sulawasi juga telah dibangun jalan KA sepanjang 47 Km antara Makasar-Takalar, yang pengoperasiannya dilakukan tanggal 1 Juli 1923, sisanya Ujungpandang - Maros belum sempat diselesaikan. Sedangkan di Kalimantan, meskipun belum sempat dibangun, studi jalan KA Pontianak - Sambas (220 Km) sudah diselesaikan. Demikian juga di pulau Bali dan Lombok, pernah dilakukan studi pembangunan jalan KA.
Sampai dengan tahun 1939, panjang jalan KA di Indonesia mencapai 6.811 Km. Tetapi, pada tahun 1950 panjangnya berkurang menjadi 5.910 km, kurang Iebih 901 Km raib, yang diperkirakan karena dibongkar semasa pendudukan Jepang dan diangkut ke Burma untuk pembangunan jalan KA di sana.
Jenis jalan rel KA di Indonesia semula dibedakan dengan lebar sepur 1.067 mm; 750 mm (di Aceh) dan 600 mm di beberapa lintas cabang dan tram kota. Jalan rel yang dibongkar semasa pendudukan Jepang (1942 - 1943) sepanjang 473 Km, sedangkan jalan KA yang dibangun semasa pendudukan Jepang adalah 83 km antara Bayah - Cikara dan 220 Km antara Muaro - Pekanbaru. Ironisnya, dengan teknologi yang seadanya, jalan KA Muaro - Pekanbaru diprogramkan selesai pembangunannya selama 15 bulan yang mempekerjakan 27.500 orang, 25.000 diantaranya adalah Romusha. Jalan yang melintasi rawa-rawa, perbukitan, serta sungai yang deras arusnya ini, banyak menelan korban yang makamnya bertebaran sepanjang Muaro- Pekanbaru.
Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamir-kan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasa-an perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 28 September 1945. Pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak diperbolehkan campur tangan lagi urusan perkeretaapi-an di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di Indonesia, serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).
Lowongan PT Kereta Api Indonesia Posisi :
REKRUTMEN MASINIS TK. SLTA TAHUN 2015
Persyaratan Pencari Kerja :
- Warga Negara Indonesia (WNI);
- Pendidikan min SMA atau sederajat dengan ketentuan :SMA IPA SMK Otomotif, Mesin, Listrik, Elektronika
- Sehat jasmani /rohani serta tidak buta warna;
- Berkelakuan baik;
- Berijazah SMA/SMK dan NEM/UAN rata-rata serendah-rendahnya 6,5 (enam koma lima);
- Usia pelamar per 01 september 2015 serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun, setinggi- tingginya 30 (tiga puluh) tahun;
- Diutamakan pria dengan tinggi badan minimal 160, berat badan ideal;
- Tidak terlibat narkoba atau psikotropika;
- Tidak bertato;
- Khusus pria tidak bertindik;
- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT. Kereta Api Indonesia (Persero);
- Lulus dalam seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh panitia rekrut PT. Kereta Api Indonesia (Persero) tahun 2015.
Berkas Lamaran :
- Scan asli ijazah SMA/SMK;
- Scan asli NEM/UAN SMA/SMK;
- Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
- Pas foto berwarna terbaru;
- Foto copy akta kelahiran / surat kenal lahir;
- Curiculum vitae, mencantumkan pengalaman bekerja sampai dengan saat ini;
- Ijazah tertinggi yang dimiliki bila ada;
- Sertifikat keahlian lainnya bila ada;
- Asli surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian yang masih berlaku;
- Asli surat keterangan bebas narkoba dari kepolisian;
- Surat pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah perusahaan bermaterai Rp.6.000,00 (form diberikan pada saat tanda tangan kontrak magang);
- Surat pernyataan bersedia dikeluarkan dari perusahaan tanpa tuntutan dalam bentuk apapun, apabila data yang diberikan pada saat melamar tidak benar/palsu, bermaterai Rp.6.000,00 (form diberikan pada saat tanda tangan kontrak magang);
- Surat lamaran pekerjaan (ditulis tangan).
- Keterangan :
- Persyaratan 1 s.d 4 diupload melalui website dengan ukuran maksimal 5 mb/file dalam format PDF;
- Persyaratan 5 s.d 13 diberikan pada saat penandatanganan kontrak magang.
Tahapan Seleksi :
- Tahap I : Administrasi
- Tahap II : Wawancara dan Kesehatan Awal
- Tahap III : Tes Psikologi
- Tahap IV : Tes Kesehatan Akhir
Ketentuan Seleksi :
- Pelamar melakukan upload file pada tanggal 6-9 September 2015 di website rekrut.kereta-api. co. id sesuai dengan Persyaratan Umum Lamaran point 1 s.d 4 dengan ukuran file maksimal 5 mb/file dalam format PDF.
- Pelamar yang memenuhi kriteria dan lulus seleksi administrasi akan diumumkan melalui website rekrut.kereta-api. co. id pada tanggal 11 September 2015 dan berhak mengikuti seleksi Tahap II (Seleksi Wawancara dan Kesehatan Awal) yang akan dilaksanakan di Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian (BPTP) Sofyan Hadi Jalan Perjuangan No 25 Bekasi.
- Pelamar yang berhak mengikuti seleksi tahap selanjutnya sampai dengan akhir seleksi adalah pelamar yang dinyatakan lulus dalam setiap tahapan seleksi.
- Setiap pelaksanaan seleksi, pelamar wajib membawa kartu peserta.
- Dalam proses seleksi ini tidak dipungut biaya apapun dan dihimbau untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanapabilan dapat membantu kelulusan.
- Dalam tahapan proses seleksi ini berlaku sistem gugur dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.
- Peserta seleksi yang tidak hadir pada waktu yang telah ditentukan, dianggap mengundurkan diri.
Tata Cara Pendaftaran :
Diharapkan bagi para pencari kerja yang berminat dengan lowongan kerja diatas bulan September 2015 diatas dan merasa memenuhi seluruh kebutuhan yang dipersyaratkan untuk dapat segera melengkapi berkas lamaran kerja meliputi surat lamaran kerja , CV dan berkas pelengkap lamaran kerja lainnya seperti yang disebutkan diatas kemudian harap silahkan mengikuti tata cara pendaftaran yang ditentukan oleh perusahaan yaitu via pendaftaran ONLINE ke alamat :
Pendaftaran paling lambat pada : Rabu, 09 September 2015
Segera mendaptar kesempatan tidak akan datang dua kali
Comments
Post a Comment